Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Apa Itu NFC dan Apa Fungsi NFC Pada Smartphone

2 min read

Apa Itu NFC dan Apa Fungsi NFC Pada Smartphone

Apa Itu NFC dan Apa Fungsi Pada Smartphone – Jika anda memiliki smartphone dan kemudian melihat spesifikasinya yang dilengkapi dengan fitur NFC, anda mungkin bertanya-tanya apa itu NFC? Dan kenapa smartphone anda memilikinya?

Apa Fungsi NFC Pada Smartphone?

NFC atau Near Field Communication merupakan suatu protokol transmisi radio yang memungkinkan komunikasi dengan jarak dekat.

Dalam hal ini ‘jarak dekat’ adalah sangat dekat, karena jarak operasional NFC adalah sekitar empat centimeter.

Dalam kebanyakan kasus, para pengguna menempelkan perangkat pemancar dan penerima bersamaan.

NFC adalah pengembangan dari RFID atau Radio Frequency Identification dan menggunakan konsep teknologi yang sama, yaitu menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data.

Namun, terdapat dua perbedaan utama, yaitu transfer RFID hanya bisa satu arah saja, sedangkan transfer NFC bisa dua arah.

NFC juga bisa menangani kapasitas data yang lebih besar bila dibandingkan dengan RFID.

Baca Juga : Perbedaan 4G Dengan 4G LTE

Bagaimana NFC Bekerja?

NFC menggunakan ‘tag’ aktif dan pasif untuk menyimpan dan menyampaikan informasi. Tag pasif menyimpan sejumlah kecil informasi dan diaktifkan oleh receiver NFC aktif.

Bagaimanapun juga, tag ini tidak dapat melakukan banyak hal selain menyampaikan informasi yang berada dalam lokasi penyimpanan data.

Tipe tag seperti ini tidak akan anda temukan dalam kartu kredit yang hanya digunakan untuk mengirimkan informasi pada payment terminal.

Sedangkan tag aktif dapat melakukan lebih banyak hal lagi. Seperti menulis pada penerima penyimpanan data, serta mengubah dan mengirim informasi pada sistem lainnya untuk dilakukan proses.

Tag seperti ini yang akan anda temukan pada smartphone, door lock, atau payment terminal.

Tag pasif dapat bekerja tanpa power, karena metode komunikasi yang diterapkannya. NFC menggunakan induksi elektromagnetik untuk mentransfer data yang memungkinkan untuk memberi daya pada tag pasif.

Oleh karena itu, koneksi NFC yang sukses memerlukan sekurang-kurangnya satu tag aktif, dimana akan memberi daya pada tag pasif sebagai penerima data.

Tentu saja anda juga dapat menggunakan dua tag aktif untuk saling berkomunikasi satu sama lainnya, seperti pada sistem pembayaran yang menggunakan smartphone.

Bagaimana NFC Digunakan?

Banyak proses low-level mengandalkan NFC untuk komunikasi. Setiap transmisi yang melibatkan sentuhan dua perangkat untuk saling bertukar informasi kemungkinan adalah berdasarkan NFC.

Bagaimanapun, NFC pada umumnya digunakan untuk proses otentikasi.

Anda dapat menemukan NFC digunakan pada terminal kartu kredit touchless. Pengguna men-tap atau menempelkan kartu kredit pada payment terminal untuk mentransmisikan informasi pembayaran.

NFC juga merupakan teknologi kunci untuk Apple Pay dan Android Pay. Sistem-sistem pembayaran yang ekslusif menggunakan NFC sebagai band komunikasi untuk mengirimkan data.

Baca Juga : Cara Merekam Layar Hp Oppo

Beberapa sistem keamanan juga memiliki tag NFC, sehingga memungkinkan orang untuk membuka pintu ataupun memiliki akses pada sumber daya.

Tidak cukup sampai disitu, beberapa kartu nama juga ada yang memiliki NFC, sehingga memudahkan untuk menyalin kontak data pada ponsel mereka dengan sekali sentuh.

Smart lock juga menggunakan NFC untuk meng-unlock smartphone. Pada konvensi teknologi, para peserta menggunakan NFC pada lencananya untuk memudahkan ketika saling bertukar kontak.

Dapatkah Anda Menggunakan NFC?

Anda mungkin telah menggunakan NFC sepanjang waktu tanpa anda menyadarinya. NFC tersebar luas dalam aplikasi komersil, namun itu bukan merupakan teknologi yang berfokus pada konsumen.

Sebagian besar dikarenakan keterbatasan data pada NFC. Paket data NFC nyatanya sangat kecil, yaitu hanya 8.192 bytes.

Batasan tersebut yang juga ditambah dengan jarak operasi yang sangat pendek, sering membuat merasa tidak nyaman dibandingkan dengan teknologi konsumen pada saat ini.

Beberapa produsen smartphone seperti Samsung, telah mencoba untuk memperoleh pelanggan-pelanggan yang berbagi teknologi berdasarkan NFC, namun tidak menuai kesuksesan yang berarti.

Kesimpulan

NFC adalah teknologi yang berguna dengan ruang lingkup penggunaan yang sempit.

Teknologi ini sempurna untuk skala kecil, seperti one-time action untuk membuka pintu ataupun mengirimkan detail informasi pembayaran.

Namun seperti kode QR, NFC juga belum memiliki aplikasi pengguna yang ‘breakout’. Namun demikian, teknologi ini tetap digunakan dalam aplikasi komersil.

Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *