Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Lemot Serta Bagaimana Solusinya

2 min read

Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Apa Yang Menyebabkan Laptop Panas Dan Lemot?

Salah satu masalah yang timbul pada laptop adalah cepat panas atau overheating dan juga menjadi lemot sehingga membuat kita menjadi jengkel, apalagi bila anda seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi ataupun para karyawan yang memang dalam pekerjaannya dituntut untuk menggunakan perangkat ini.

Overheating pada laptop ini dapat menimbulkan banyak masalah seperti hilangnya data ataupun terjadinya blue screen secara acak.

Mungkin saja anda tidak tahu mengenai masalah yang terjadi pada laptop anda, atau bahkan ketika anda menghabiskan waktu untuk mencari tahu akar permasalahannya, motherboard laptop anda bisa saja terbakar, dan semoga itu tidak pernah terjadi.

Sedangkan efek overheating ini menyebabkan laptop menjadi lemot karena CPU terpaksa menurunkan clock speed-nya untuk mengurangi efek dari panas tersebut. Terlebih lagi software-software yang gagal beroperasi akan segera membuat laptop anda tiba-tiba melakukan shutdown untuk mencegah kerusakan hardware.

Sekarang mari kita lihat satu-persatu penyebab dari laptop cepat panas ini dan bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Di sini, kita secara utama akan membahas pada laptop, namun juga hal ini berlaku pada komputer dekstop pada umumnya.

Baca Juga : Perubahan Penting pada Windows 10

Menemukan Sumber Panas dan Mengatasinya

Sumber panas ini bisa berasal beberapa bagian laptop, diantaranya adalah :

  • Ventilasi udara dan kipas pendingin

Hal pertama yang perlu anda identifikasi adalah darimanakah sumber panas itu berasal? Penyebabnya bisa diakibatkan oleh tidak adanya aliran udara atau aliran udara kecil, jadi temukanlah saluran ventilasi udara pada laptop anda.

Tanpa adanya aliran udara, maka panas dari laptop anda tidak bisa keluar, sehingga temperatur laptop dapat meningkat drastis. Seringkali penyebab utamanya adalah karena debu. Ya, debu akan menutup saluran ventilasi udara, dan juga akan menempel pada kipas pendingin, sehingga kinerja kipas laptop anda akan menurun.

Jadi langkah terbaik adalah membersihkan kipas dan juga saluran ventilasi ini. Jadi biasanya saluran sirkulasi udara dan fan pendingin ini ada dibagian bawah belakang laptop anda, jika banyak debu yang menempel, maka anda harus membersihkannya.

  • Masalah pada baterai laptop

Baterai yang sudah tidak layak, namun masih tetap digunakan juga dapat menjadi sumbr dari overheating ini. Seringkali para pengguna laptop terus mencharger laptopnya terus-menerus saat digunakan, sementara baterainya terpasang, hal ini dapat kenyataannya dapat merusak baterai. Baterai yang dalam keadaan buruk dapat menjadi sumber panas. Jadi solusinya, bila baterai laptop anda sudah tidak layak pakai, maka lebih baik diganti dengan yang baru.

  • Hard drive. prosesor dan RAM

Bila anda sudah mencoba membersihkan saluran udara, kipas dan juga melakukan penggantian baterai, namun laptop masih tetap panas, maka kemungkinan bagian hard drive, prosesor dan RAM anda kotor, biasanya juga karena debu. Jadi bagian-bagian ini juga harus dibersihkan dari debu.

Baca Juga : Perbedaan 4G dengan 4G LTE

Hal – hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah laptop anda cepat panas yaitu :

  • Menggunakan laptop pada tempat yang datar

Beberapa orang merasa nyaman menggunakan laptop mereka di tempat tidur ataupun menempatkannya di atas bantal atau selimut, namun efeknya panas akan sulit keluar dari laptop, karena permukaan yang tidak mendukung. Jadi sebaiknya laptop ditempatkan pada permukaan yang keras dan datar, misalnya anda bisa menggunakan meja khusus untuk laptop.

  • Menggunakan cooling pad

Cooling pad ini digunakan untuk mengurangi panas yang terjadi pada laptop, namun juga kesalahan dalam memilih pendingin ini dapat menjadikan keadaan bertambah buruk.

Kebanyakan laptop menghisap udara sebagai pendingin dari bawah, kemudian akan membawa uap panas menuju ke atas, sehingga bila pendingin yang dipakai diletakkan di bagian bawah laptop tersebut dan menghisap udara tersebut, maka justru akan mempercepat proses pemanasan.

Jadi bila laptop anda memiliki sistem sirkulasi seperti yang baru saja disebutkan, maka gunakanlah pendingin yang meniupkan udara ke arah atas atau menuju ke laptop, jadi yang terpenting adalah bagaimana caranya si pendingin ini dapat menyerap panas dari laptop anda. Dan jangan lupa, perhatikan pula faktor kebersihan dari cooling pad ini.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Lemot Serta Solusinya, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda. Jadi apakah anda pernah mengalami masalah overheat pada laptop anda? Apakah ada tips lain untuk mengatasinya?

Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *