Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Cara Memilih VGA yang Cocok untuk Motherboard

3 min read

Memilih VGA yang Cocok untuk Motherboard

Memilih VGA yang Cocok untuk Motherboard – Memilih VGA Card yang sesuai dengan motherboard tentu tidak semudah memilih Processor dan RAM. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih VGA Card sesuai dengan kebutuhan. Kesalahan dalam memilih VGA untuk komputer bisa menyebabkan VGA tidak dapat beroperasi secara maksimal bahkan tidak dapat dipasang pada motherboard komputermu.

Sebelum membeli VGA Card, banyak hal – hal yang harus Kamu perhatikan. Mulai dari mengetahui spesifikasi motherboard, spesifikasi VGA, Slot VGA, spesifikasi Power Suply atau daya listrik yang mengalir ke komputer atau laptop, Daya Listrik yang ada di Rumah, hingga jawaban dari pertanyaan “mengapa Saya membutuhkan VGA Card?”.

Namun tenang saja, Kami akan memberikan tips untuk Kamu yang ingin membeli VGA Card sesuai dengan kebutuhan aktvitas Kamu bersama dengan komputer kesayangan. Berikut adalah 6 cara memilih VGA Card agar Kompatibel dengan motherboard Komputer maupun Laptop.

Sesuaikan Jenis Interface VGA dengan Motherboard

Sama seperti RAM dan Processor, VGA tidak bisa sembarang dipasang pada semua jenis motherboard. Penting untuk mengetahui jenis interface yang ada pada motherboard Kamu dan jenis bus slot apa yang tersedia untuk VGA pilihanmu.

Bus Slot VGA Card ada dua jenis, yaitu AGP dan PCI. Bahkan untuk jenis PCI ada 7 jenis yang berbeda pula, yaitu PCI biasa, PCI express x1, PCI express x2, PCI express x4, PCI express x8, PCI express x16, dan PCI express x32. Hampir sama seperti RAM, Bus Slot pada VGA Card memiliki ukuran yang berbeda pula dan jumlah pin yang berbeda.

Baca Juga : Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Untuk melihat ketersediaan bus slot pada motherboard dan VGA Card Kamu bisa memeriksa spesifikasi lengkap setiap komponen di google dengan kata kunci pencarian “Spesifikasi Perangkat”. Ubah kata perangkat dengan nama motherboard atau VGA Card.

Jika Motherboard Kamu keluaran tahun 2013 ke atas, Kamu tidak perlu khawatir karena hampir semua Motherboard keluaran tahun 2013 memiliki bus slot PCI express x16 yang mendukung banyak VGA Card keluaran tahun 2013 – 2019. Namun jika Motherboard Kamu masih memiliki bus slot AGP, sebaiknya Kamu mengganti Motherboard Kamu.

Selain jenis bus slot, Kamu juga harus memerhatikan versi bus slot pada motherboard mu dan VGA Card yang ingin Kamu beli. Motherboard PCI Express x16 dengan versi 2.0 tidak akan kompatibel dengan VGA Card PCI Express x16 versi 3.0, karena memiliki kecepatan transfer yang berbeda.

Sesuaikan Daya yang dibutuhkan VGA Card dengan Daya Power Suply

Sebelum membeli VGA Card, Kamu juga harus melihat daya minimum yang dibutuhkan VGA tersebut agar dapat berkeja secara maksimal. Apabila VGA Card tidak mendapatkan daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan minimum, kinerja VGA tidak akan sesuai dengan kemampuan yang disediakan VGA tersebut.

Jika misalkan Power Suply milik Kamu hanya bisa menyediakan daya total sebesar 700 watt, sedangkan penggunaan PC, Monitor, dan perangkat komputer lainnya membutuhkan daya sebesar 500 watt, Kamu harus memilih VGA Card yang bisa berjalan secara totalitas dengan daya dibawah 200 watt.

Memilih VGA yang gahar dengan daya listrik yang rendah sangat direkomendasikan Kamu pilih, namun sayangnya VGA seperti ini memiliki harga lebih tinggi dari VGA Card yang membutuhkan daya yang relatif tinggi.

Selain itu, pastikan juga daya listrik yang mengalir di rumah Kamu cukup untuk menjalankan semua komponen dari perangkat komputer yang telah Kamu pasang VGA ya, jangan sampai daya total pada komponen komputer Kamu melebihi daya listrik yang terpasang pada rumah.

Perhatikan Spesifikasi VGA Card yang Ingin Kamu Beli

Setelah dua syarat diatas terpenuhi, selanjutnya adalah memperhatikan spesifikasi yang disajikan VGA pilihan Kamu. Tidak semua komponen pada VGA yang sangat harus diperhatikan dan tidak begitu diperhatikan. Beberapa komponen VGA Card yang harus Kamu perhatikan adalah :

Tahun Rilis : Semakin Baru generasi VGA Card kinerja VGA semakin bagus, namun jika periode waktu rilisnya hanya berkisar hitungan bulan bisa jadi sama saja.

Memory Interface : Jangan jadikan ukuran bit atau Memory Interface Width sebagai prioritas. Jenis memori lah yang paling mempengaruhi kinerja VGA Card. Pasalnya VGA dengan memori DDR3 128 bit kalah gahar dengan VGA dengan memori GDDR5 64 bit.

Spesifikasi GPU : detail spesifikasi GPU yang dimiliki oleh VGA Card harus Kamu perhatikan juga. Informasi mengenai base clock dan speed clock harus Kamu pahami jika ingin membeli VGA Card.

Fitur Tambahan : Fitur tambahan lainnya seperti dukungan DirectX 11, PhysX, TXAA, Adaptive Vsync, 3D Vision, dan lain-lain harus Kamu perhatikan dengan serius ketika hendak membeli VGA Card.

Selain itu, Kamu tidak perlu memikirkan hal – hal yang tidak penting dari informasi VGA ketika hendak membeli VGA Card. Informasi tidak penting yang kadang ada pada informasi spesifikasi VGA diantaranya :

  • Brand : entah itu NVIDIA Geforce atau AMD Radeon semua sama saja, tidak ada yang membedakan.
  • Ukuran : Ada yang menganggap VGA Card dengan ukuran yang besar memiliki kualitas yang sangat bagus. Justru itu kebalik, VGA yang berukuran besar akan kesulitan masuk ke kesing komputer yang memiliki ukuran mini. Ukuran VGA hampir tidak mempengaruhi kinerja VGA Card.

Baca Juga : Perubahan Penting Pada Windows 10

Kriteria VGA Card yang Bagus

Berikut Kami rekomendasikan kriteria VGA Card yang cocok untuk Anda yang menyukai desain, render video maupun gaming yang kuat untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti Blender, PUBG, Fornite, dan lain-lain :

  1. VGA card dengan slot bus PCI Express x16 versi 3.0,
  2. Mendukung Directx 11 atau lebih,
  3. Memiliki jenis memori GDDR5 atau lebih,
  4. Minimal VRAM 1GB atau lebih,
  5. Memori Clock 5 GB atau lebih.

Meskipun begitu perhatikan VGA Card pilihanmu sesuai dengan kebutuhan yang Kamu inginkan. Jika hanya untuk bermain game yang tidak begitu berat, VGA Card dengan spesifikasi gahar tidak begitu Kamu butuhkan.

Perhatikan Budget yang Tersedia

Jika Kamu sudah mendapatkan pilihan VGA Card yang tepat. Sesuaikan budget dengan pilihan VGA Card Kamu. Carilah informasi sebanyak mungkin rekomendasi pilihan VGA Card sesuai kebutuhan Kamu dengan harga yang bisa Kamu jangkau.

Beli lah Produk Original

Sama seperti barang elektronik lainnya, VGA Card juga ada produk original dan produk bajakan. Kamu pasti sudah tahu dong apa masalah yang akan terjadi jika Kamu membeli produk bajakan? Yap, barang akan cepat rusak.

Produk bajakan VGA Card bisa Kamu identifikasi dengan membandingkan harga untuk setiap toko dan garansi yang disediakan. VGA Card bajakan biasanya dibandrol dengan harga yang sangat murah. VGA Bajakan juga biasanya hanya memberi garansi sebentar saja bahkan tidak memberikan garansi sama sekali. berbeda dengan VGA Card yang original, yang memberikan garansi dalam jangka waktu yang lama.

Demikian pembahasan admin kali ini semoga dengan apa yang di paparkan di atas kita akan lebih bijak untuk Memilih VGA yang Cocok untuk Motherboard, jadi kita tidak asal beli. Semoga bermanfaat

Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *