Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Penyebab Ghost Touch pada Samsung J2 Prime

3 min read

Penyebab Ghost Touch pada Samsung J2 Prime

Penyebab Ghost Touch pada Samsung J2 Prime – Selama saya menjadi teknisi smartphone, banyak pengguna samsung J2 Prime yang memiliki masalah layar gerak-gerak sendiri (masalah ghost touch). Cara mengatasi layar gerak gerak sendiri (ghost toch) sebenarnya sangat mudah. Kamu tidak perlu mengganti LCD. Kamu bisa memperbaiki masalah layar gerak gerak sendiri (ghost touch) di rumah dengan 6 cara ini.

Samsung J2 Prime merupakan smartphone dengan sistem operasi Android Marshmallow. Produk keluaran samsung yang rilis tahun 2016 silam sangat laku di pasaran karena memiliki spesifikasi yang memukau dan harga yang miring. Di balik spesifikasi Samsung J2 Prime yang fantastis, pengguna sering dihantui dengan masalah ghost touch.

Penyebab Ghost Touch pada Samsung J2 Prime

Sebelum melakukan perbaikan masalah layar gerak gerak sendiri pada Samsung J2 Prime, Kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab layar gerak gerak pada Samsung J2 Prime milik kita.

Ada beberapa kategori masalah ghost touch sesuai dengan tingkat kerusakan dan dengan penyebab yang berbeda-beda pula. Untuk lebih jelasnya berikut adalah uraian kategori dan penyebab ghost touch pada Samsung J2 Prime.

Ghost Touch Tingkat Ringan

Kategori ghost touch ringan pada samsung J2 Prime jarang terasa permasalahannya ketika digunakan. Pada kategori ini biasanya sentuhan layar masih begitu lancar dan normal.

Namun ketika perangkat smarphone J2 Prime mencapai suhu relatif panas masalah ghost touch akan muncul pada titik – titik kecil di layar dengan jumlah yang sedikit. Masalah ini juga kadang muncul karena kondisi layar kotor.

Baca Juga : Cara Merekam Layar Di Hp Oppo Neo 9

Ghost Touch Tingkat Sedang

Kategori ghost touch tingkat sedang pada samsung J2 Prime begitu terasa permasalahannya ketika digunakan. Pada suhu dan kondisi yang normal beberapa titik pada layar perangkat Samsung J2 Prime akan sedikit sulit untuk ditekan.

Apalagi jika perangkat J2 Prime berada pada kondisi suhu yang panas, masalah ghost touch akan sama dengan tingkatan ghost touch tinggi.
Masalah ghost touch tingkat sedang pada perangkat Samsung j2 Prime akan sangat mengganggu penggunaan smartphone, maka dari itu antisipasi secepat mungkin harus dilakukan.

Ghost Touch Tingkat Tinggi

Kategori ghost touch tingkat tinggi pada samsung J2 Prime sangat nampak jelas permasalahannya, baik ketika digunakan maupun tidak. Ghost touch tingkat tinggi diibaratkan kanker stadium empat dimana permasalahan ghost touch akan sangat nampak sekali.

Ketika perangkat samsung J2 Prime dinyalakan layar akan secara otomatis gerak sendiri atau menekan suatu tombol secara terus menerus tanpa berhenti jika terjadi masalah layar gerak-gerak sendiri tingkat tinggi

Penyebab Ghost Touch pada Samsung J2 Prime

Memperbaiki Ghost Touch pada Samsung J2 Prime

Setelah Kamu mengetahui kategori permasalahan ghost touch pada Samusng J2 Prime, Kamu bisa mengaplikasikan 6 cara ini agar masalah ghost touch bisa diatasi dan smartphone J2 Prime Kamu bisa digunakan dengan lancar. Berikut adalah 6 cara mengatasi ghost touch pada Samsung j2 Prime.

Membersihkan Layar Handphone

Ghost touch yang terjadi pada samsung  dengan kategori ringan biasanya sumber permasalahannya berasal dari layar yang kotor. Layar Samsung J2 Prime sangat sensiif sehingga kotoran seperti debu, air, sampai batu kecil dapat memeberikan respon kepada perangkat layar J2 Prime. Akibatnya layar akan mencet sendiri atau gerak sendiri.

Terlebih untuk Kamu yang memasang tempered glass (TG) atau pelindung layar, jika TG kemasukan kotoran dan menempel pada touch screen bisa membuat Kamu bingung mencari sumber masalah ghost touch. Copotlah terlebih dahulu tempered glass (TG) atau pelindung layar kemudian bersihkan dengan tisu kering.

Baca Juga : Merekam Layar Hp Oppo F5 Menggunakan Aplikasi

Memasang Tempered Glass (TG) atau Pelindung Layar

Setelah membersihkan layar Samsung J2 Prime, pasang kembali memasang tempered glass (TG) atau pelindung layar. memasang tempered glass (TG) berfungsi mengurangi sensitivitas layar Samsung J2 Prime, sehingga kotoran seperti debu, air, sampai batu kecil tidak dapat mengganggu kinerja Smartphone J2 Prime Kamu.

Biarkan HP J2 Prime Kamu Beristirahat Sebentar

Kedua solusi gost touch pada Samsung type seperti J2 Prime diatas, tidak bisa mengatasi ghost touch tingkat sedang maupun tinggi. Untuk permasalahan ghost touch tingkat sedang pada Samsung type ini biasanya disebabkan karena suhu perangkat yang cukup tinggi.

Cara mengatasinya cukup mudah. Biarkan HP Samsung ini Kamu memasuki mode sleep dengan menekan tombol power satu kali atau membiarkan Hp tersebut agar layarnya mati sendri. Biarkan selama beberapa menit dan mengelap layar dengan tisu kering atau kain. Tunggulah sampai suhu perangkat Samsung  Kamu turun.

Jika Kamu sudah mencoba cara tersebut, gunakan kembali perangkat Samsung Kamu. Masalah ghost touch pun akhirnya berhasil diatasi.

Tekan Konektor Touch Screen yang Terhubung dengan LCD

Masih dengan permasalahan ghost touch tingkat sedang pada perangkat J2 Prime. Rangkaian LCD touch screen J2 Prime tidak terhubung langsung menjadi satu. Touch screen pada J2 Prime bisa dilepas dari LCD perangkat J2 Prime.

Lokasi konektor yang menghubungkan touch screen dan LCD pada perangkat J2 Prime terletak di bagian kiri atas. Buka lah kesing J2 Prime Kamu dan cari sebuah penutup berbentuk kotak yang di dalamnya terdapat konektor touch screen dan LCD. Buka lah dengan obeng, selanjutnya tekan tekan dengan menggunakan jari secara perlahan.

Terkadang masalah ghost touch tingkat sedang pada perangkat J2 Prime disebabkan karena konektor yang menghubungkan touch screen dan LCD kendur. Cara ini bisa Kamu coba untuk mengatasi masalah ghost touch pada J2 Prime.

Mengganti Touch Screen

Keempat cara diatas belum tentu bisa mengatasi masalah ghost touch pada Samsung J2 Prime dengan kategori masalah tinggi. Jika penyakit ghost touch pada perangkat Samsung ini sudah memasuki tingkatan tinggi segeralah mengganti Touch Screen dengan yang baru dan original dari Samsung.

Touch screen Samsung J2 Prime bisa Kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp. 20.000 sampai Rp. 60.000, namun biasanya Touch screen Samsung J2 Prime yang original dijual dengan harga Rp.45.000 sampai Rp. 60.000.

Kamu bisa membawa perangkat J2 Prime Kamu ke Service Center Samsung yang berada di kota tempat Tinggal Kamu atau dekat dengan kota tempat tinggal Kamu. Jika tidak ada, Kamu juga bisa membeli jasa Service Handphone kepada tukang service handphone milik perorangan. Biasanya untuk mengganti touch screen Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 75.000 sampai Rp.100.000.

Baca Juga : Perbedaan 4G dengan 4G LTE

Mengganti Touch Screen dan LCD

Jika mengganti touch screen perangkat J2 Prime Kamu dengan yang baru belum mengatasi masalah ghost touch. Ada kemungkinan LCD Kamu adalah penyebab dari layar handphone yang gerak – gerak sendiri. Cobalah ganti LCD HP Samsung J2 Prime Kamu dengan yang baru dan original.

Kamu bisa mendapatkan paket LCD dan Touch Screen Samsung J2 Prime dengan harga mulai Rp. 90.000 – Rp. 150.000. Namun biasanya paket LCD dan Touch Screen Samsung J2 Prime yang original biasa dijual dengan harga Rp. 120.000 sampai Rp. 150.000.
Kamu juga bisa membawa HP Samsung J2 Prime Kamu untuk mengganti LCD dan touch screen ke Service Center Samsung. Biasanya akan dikenakan biaya Rp.200.000 sampai Rp.250.000. Kamu juga bisa menggunakan jasa Service Handphone milik perorangan.

Admin Official Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *